Skip to main content

CARA MENGHILANGKAN KETOMBE BANDEL

BAGIKAN

CARA MENGHILANGKAN KETOMBE BANDEL
Menghilangkan ketombe bandel sebenarnya tidak sulit. Cukup pastikan Anda memilih Shampo Anti-Ketombe yang tepat, dan mengikuti perawatan dengan rutin. Anda pasti segera bebas ketombe. Ketombe yang bandel sebenarnya bukanlah sebuah jenis ketombe baru, tetapi akibat dari perawatan ketombe yang tidak konsisten. Pada dasarnya penyebab ketombe selalu sama, yaitu mikroba bernama Malassezia globosa yang timbul secara alami di kulit kepala Anda.

Agar anda dapat mengatasi masalah ketombe dengan tepat, ada beberapa hal yang mungkin harus Anda pertimbangkan:

  • Apakah hal itu memang benar ketombe atau hanya sel kulit mati dari kulit kepala kering
  • Lalu, Anda perlu memastikan seperti apa tipe kulit kepala Anda. Apakah kulit kepala berminyak atau kering?

Setelah memastikan semuanya, Anda bisa mengatasi masalah ketombe dengan perawatan yang tepat.

Menghilangkan Ketombe di Kulit Kepala Kering

Ketombe di kulit kepala kering

Tidak semua serpihan kecil yang rontok dari kepala itu adalah ketombe, bisa saja itu adalah sel kulit mati dari kulit kepala yang kering. Gejala antara ketombe dan kulit kepala kering memang sama yaitu adanya serpihan kecil yang rontok dari kulit kepala dan juga rasa gatal. Tapi bedanya, ketombe disebabkan oleh kulit kepala yang terlalu berminyak sehingga menumpuk dan menjadi ketombe. Sedangkan kulit kepala yang kering bisa mengelupas dan akhirnya rontok menyerupai ketombe.

Cara membedakan antara kulit kepala kering yang rontok dengan ketombe adalah dari bentuknya.

  • Kulit kepala yang rontok berbentuk serpihan kecil dan kering.
  • Ketombe berbentuk serpihan besar, berminyak, dan berwarna putih atau kuning.

Untuk mengetahui apakah kamu memiliki kulit kepala yang kering, kamu bisa coba analisis apakah kamu merasakan gejala-gejala berikut ini: rasa gatal yang tidak kunjung hilang, munculnya ketombe, rasa nyeri, atau rambut rontok. Terkadang akar masalah dari kulit kepala kering ini sesederhana kurang minum air putih atau terlalu sering keramas. Namun bisa juga kulit kepala kering terjadi karena kondisi medis seseorang seperti eksim atau psoriasis.

Ada beberapa bahan-bahan alami yang bisa membantu mengatasi kulit kepala kering seperti minyak kelapa, tea tree oil, lidah buaya, sari cuka apel, kombinasi minyak zaitun dan baking soda, pisang, kombinasi yoghurt dan telur, serta alpukat.

Penyebab kulit kepala kering

  1. Produk perawatan rambut yang kasar dapat menyebabkan iritasi dan dermatitis kontak.
  2. Asupan gizi yang tidak seimbang seperti: kurang cairan (dehidrasi), terlalu banyak konsumsi gula, lemak, atau tepung.
  3. Penuaan: kulit kita akan semakin kering seiring bertambahnya usia.

Kebanyakan orang yang memiliki kulit kepala kering merasakan rasa gatal yang berlebihan. Hal ini adalah tanda-tanda bahwa kulit kepalamu sudah terlalu kering. Segera cari perawatan yang tepat untuk meredakan rasa gatal dan mengatasi kulit kepala kering. Setelah teratasi, biasanya tidak ada lagi serpihan sel kulit mati yang rontok dari kepala.

Bagaimana cara mengatasinya?

Kulit kepala kering dapat diatasi dengan memilih produk perawatan rambut yang dapat melembapkan dan hindari keramas dengan air panas. Namun jika setelah sebulan kondisi tidak membaik dan malah muncul pembengkakan dan iritasi, sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan dokter.

Untuk perawatan dengan shampo kami merekomendasikan Shampo anti-ketombe Head & Shoulder Supreme Moisture dengan 10x moisturizer dan perlindungan anti-ketombe yang membantu mengatasi ketombe pada kulit kepala kering. Kandungan Argan oil juga ikut melembabkan dan melindungi rambut dari kerusakan sehari-hari. Rambutmu juga akan harum tahan lama dengan aroma floralnya.

Menghilangkan Ketombe di Kulit Kepala Berminyak

Ketombe di kulit kepala berminyak

Berbeda dari sel kulit mati yang rontok karena kulit kepala kering, ketombe dari kulit kepala berminyak berbentuk lebih besar, berminyak, dan berwarna kuning atau putih.

Penyebab ketombe di kulit kepala berminyak

  1. Dermatitis seboroik: adalah kondisi medis yang menyerang kulit kepala, berujung pada ketombe.
  2. Jamur Malassezzia: infeksi jamur ini bisa menyebabkan iritasi kulit kepala sehingga meningkatkan produksi minyak di kulit kepala.
  3. Jarang keramas: sel kulit mati yang menumpuk menyebabkan banyak ketombe putih muncul di kulit kepala.
  4. Perubahan asupan gizi: asupan gizi mempengaruhi kesehatan kulit kepala, salah satunya adalah konsumsi alkohol.
  5. Stress: perubahan hormon dan stress juga bisa mempengaruhi kesehatan kulit kepala

Bagaimana cara mengatasinya?

Gunakan shampo yang bisa membersihkan sisa minyak dan sebum di kulit kepala dengan tuntas. Untuk mengatasi jamur Malassezzia, kamu bisa memilih shampo anti-ketombe dengan kandungan anti-bakteri dan anti-fungal. Kami merekomendasikan Shampo Anti-Ketombe Head & Shoulders Lemon membasmi ketombe di kulit kepala sambil membantu mengurangi produksi sebum berlebih dan juga memberikan aroma segar untuk rambutmu.

Dan jika kamu punya rambut atau kulit kepala berminyak, sisir rambutmu dengan sikat rambut yang lembut agar minyak di kulit kepala terdistribusi dengan merata sehingga tidak menumpuk di satu tempat dan menyebabkan ketombe.

Tips Mengatasi Ketombe Bandel

Selain perawatan anti-ketombe khusus berdasarkan kondisi kulit kepala kamu, berikut tips umum untuk membantu mengatasi ketombe yang lebih bandel:

  • Cuci rambut lebih sering – Makin berminyak kulit kepala Anda, semakin besar resiko timbulnya ketombe, maka solusinya adalah jaga rambut dan kulit kepala Anda sebersih mungkin sesering mungkin
  • Gunakan shampo anti-ketombe secara teraturHead & Shoulders Cool Menthol Shampoo yang memberi rasa sejuk dan efektif menghilangkan ketombe apabila anda rutin menggunakannya. Jika Anda berhenti, atau penggunaannya tidak teratur, maka ketombe akan kembali
  • Gunakan kondisioner anti-ketombe – Kondisioner kosmetik dapat menghilangkan bahan aktif dari shampo anti ketombe Anda, jadi pastikan kondisioner Anda dapat membantu kerja anti-ketombe shampo Anda
  • Manajemen stres. Semakin kamu sering stress, hormon kamu akan tidak terkendali dan bisa memicu timbulnya ketombe
  • Manajemen stres. Semakin kamu sering stress, hormon kamu akan tidak terkendali dan bisa memicu timbulnya ketombe
  • Makanan sehat. Makanan yang kaya zinc, vitamin B, dan lemak yang baik akan membantu mencegah ketombe
  • Batasi perawatan rambut. Sering menggunakan berbagai alat dan produk perawatan rambut bisa membuat kondisi kulit kepala tidak sehat, yang akhirnya bisa menyebabkan ketombe
  • Menyisir dengan baik. Rutin menyisir bisa mengurangi resiko ketombe dan membantu pengelupasan kulit kepala secara alami, serta membantu peredaran darah di kepala. Coba sisir rambut kamu sebelum keramas untuk membantu efektivitas shampo anti-ketombe kamu.

Head & Shoulder punya banyak pilihan shampo anti-ketombe untuk kondisi kulit kepala yang berbeda. Jadi ingat, apapun masalah ketombenya dan apapun kondisi kulit kepala kamu, semua varian Head & Shoulder anti-ketombe akan membantu menaklukkan masalah ketombe bandelmu.

Temukan Shampo Head & Shoulder anti-ketombe yang cocok untukmu

Untuk kulit kepala kering, gunakan:

Untuk kulit berminyak, gunakan:

Untuk meredakan rasa gatal, gunakan:

Apapun pilihan shampo anti-ketombe Head & Shoulders kamu, pastikan semua zat aktif shampo tersebar merata di kulit kepala, dengan cara memijat lembut kulit kepala dengan ujung jarimu.

So, Setelah memahami semua tentang penyebab ketombe, kamu tinggal memilih satu dari banyak varian Head & Shoulders shampo anti-ketombe yang sesuai dengan masalh ketombe kamu. Gampang kan.

PRODUK LAINNYA DARI H&S