Skip to main content

Bagaimana Cara Mengatasi Kepala Gatal dan Berketombe?

BAGIKAN

Sedang serius presentasi tiba-tiba kulit kepala gatal? Atau jadi canggung saat first date gara-gara kepala gatal dan ketombe rontok? Rasa gatal di kulit kepala mungkin terlihat sepele, namun bisa sangat mengganggu bila muncul di saat-saat yang penting. Secara reflek, kita pasti ingin menggaruk kulit kepala yang gatal, namun terus-menerus menggaruk bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala.

Rasa gatal yang disebabkan oleh ketombe bisa dapat dengan mudah diatasi dengan penggunaan produk perawatan rambut yang tepat. Namun, untuk rasa gatal yang disebabkan oleh kondisi medis lain, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter agar mendapat perawatan yang tepat.

Makanya, sebelum memutuskan perawatan yang tepat untuk kulit kepala gatal, ada baiknya kita cari tahu terlebih dahulu penyebabnya supaya perawatan yang kita lakukan tepat sasaran.

Penyebab Kulit Kepala Kering, Gatal, dan Berketombe

Terlalu sering atau terlalu jarang keramas

Frekuensi keramas penting untuk menjaga kulit kepala tetap sehat dan terbebas dari rasa gatal dan ketombe. Terlalu jarang keramas akan menyebabkan kotoran dan minyak rambut menumpuk hasil dari aktivitas dan polusi yang kita temui sehari-hari. Hal ini tentu menyebabkan rasa gatal dan ketombe di kulit kepala. Sedangkan terlalu sering keramas, terutama dengan shampo yang kasar, akan membuat kulit kepala kering dan muncul rasa gatal. Namun jika Anda mempunyai kondisi kulit kepala tertentu seperti ketombe atau dermatitis seboroik, Anda harus keramas setiap hari dengan shampo yang tepat untuk mengatasinya.

Dermatitis seboroik

Dermatitis seboroik adalah versi lebih parahnya dari ketombe. Ketombe muncul karena ada ketidakseimbangan kandungan minyak di kulit kepala dan karena pengaruh mikroorganisme jamur bernama malassezia. Jamur ini memproduksi zat yang menyebabkan iritasi pada kulit kepala dan menyebabkan ketombe. Namun pada kondisi dermatitis seboroik, hal ini diperparah dengan pembengkakan, kulit memerah, rasa gatal, dan rambut rontok. Anda akan lebih rentan terkena kondisi dermatitis seboroik ini jika: kulit kepala Anda terlalu berminyak, ada keturunan genetis dari keluarga, punya kondisi psoriasis, sedang mengalami stres emosional yang cukup tinggi, atau ketahanan tubuh yang sedang rendah. Namun dengan shampo dan kondisioner anti-ketombe yang bagus, kondisi ini dapat diatasi dengan mudah.

Dermatitis kontak

Dermatitis kontak adalah iritasi pada kulit kepala yang terjadi akibat kontak dengan bahan-bahan kimia. Iritasi ini menyebabkan rasa gatal dan kering pada kulit kepala. Beberapa bahan kimia yang bisa menyebabkan dermatitis kontak ini antara lain:

  • Beberapa komponen cat rambut 
  • Pemutih rambut (Hair bleach)
  • Obat perawatan rambut seperti Brazilian blowouts atau Japanese perms
  • Parfum Fragrance in perfume Kalau kulit kepala Anda merasa gatal setelah menggunakan bahan-bahan kimia di atas, Anda mungkin mengalami dermatitis kontak. Dan jika tidak diatasi dengan benar, rasa gatal itu akan terus muncul.

cara mengatasi kepala gatal

Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal

Pilih shampo dan kondisioner yang tepat

Menemukan shampo dan kondisioner yang tepat memang kadang-kadang perlu trial and error, apalagi dengan kulit kepala yang sensitif. Pilihan shampo terbaik yang cocok untuk mengatasi kulit kepala kering adalah shampo dengan karakteristik lembut yang bisa melindungi kulit kepala tanpa membuatnya kering. Kami merekomendasikan 3 varian shampo Head & Shoulders yang dapat membersihkan dengan tuntas, melembapkan, dan melindungi kulit kepala untuk mencegah rasa gatal dan kering.

Semua varian shampo tersebut dilengkapi dengan aroma dan formula yang lembut di kulit kepala sehingga tidak menyebabkan iritasi.

Lembapkan kulit kepala kering

Kulit kepala kering adalah penyebab kepala gatal dan berketombe. Namun ketombe pada kulit kepala kering biasanya berbentuk serpihan kulit kecil dan tidak berminyak. Mengembalikan kelembapan alami kulit kepala bisa mengurangi rasa kering dan gatal serta mengurangi kemunculan ketombe-ketombe kecil ini. Beberapa bahan natural yang bisa digunakan untuk melembapkan antara lain madu dan minyak kelapa. Namun kedua bahan ini bisa sangat lengket dan susah dicuci.

Coba kombinasi Suprême Moisture Shampo Anti-ketombe dan kondisioner dengan ektrak madu dan argan creme yang bisa mengunci kelembapan alami rambut, memperbaiki rambut kusam, dan membuatnya lembut serta berkilau. Kombinasi ini juga dilengkapi dengan bahan pelembap 10x lebih tinggi serta formula anti-ketombe yang tahan lama.

Hindari bahan kimia

Warna rambut mungkin bagian dari tren dan terkadang kita ingin ikut menjadi bagian dari tren itu dengan mewarnai rambut kita. Tapi tahukah Anda, bahan-bahan kimia yang ada pada hair bleach atau pemutih rambut dan cat rambut bisa berbahaya bagi rambut dan kulit kepala? Bahan-bahan kimia itu bisa menyebabkan iritasi sehingga membuat kulit kepala menjadi gatal. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dan kondisi kulit kepala dengan menggunakan shampo yang lembut dengan hati-hati.

Biarkan kulit kepala bernafas

Kulit kepala yang tertutup dalam waktu lama akan membuat kepala gatal karena keringat, panas, dan sebum yang menumpuk. Karenanya, biarkan kulit kepala bernafas. Lepaskan topi dan penutup kepala lain sejenak agar kulit kepala dapat terekspos udara segar dan cahaya matahari.

Kesimpulannya, untuk mengatasi kulit kepala gatal dan masalah ketombe, pilihlah shampo dan kondisioner yang cocok. Namun untuk beberapa kasus kulit kepala gatal yang berhubungan dengan kondisi kesehatan tertentu (seperti psoriasis, eksim atau kutu rambut), sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menentukan perawatan yang tepat.