Skip to main content

content Page

MEMAHAMI PENYEBAB DAN MENEMUKAN SOLUSI MASALAH KETOMBE

BAGIKAN

MEMAHAMI PENYEBAB KETOMBE

Ketombe berbentuk butiran atau serpihan putih halus di rambut dan kulit kepala, dan telah menjadi masalah umum pada lebih dari 50% populasi dunia. Secara umum penyebab mendasar ketombe adalah kulit kepala yang kering atau berminyak, dan mikroba Malassezia globosa yang ada di kulit kepala setiap orang.

Tenang saja, ketombe tidak menular kok, tapi memang ada beberapa jenis penyebab ketombe yang harus kamu ketahui, agar bisa menemukan jenis shampo yang efektif mengendalikan masalah ketombe kamu.

Berikut beberapa masalah ketombe dan penyebabnya:

  • Kulit Kepala Kering Kulit kepala terlalu kering bisa disebabkan karena suhu yang terlalu dingin, yang lalu terkelupas dan menjadi ketombe Tanda: Kulit kepala terasa kencang dengan serpihan ketombe kering.Atasi dengan Shampo anti-ketombe yang mengandung kondisioner, dan hindari perawatan rambut dengan panas berlebih

  • Kulit Kepala Berminyak Kulit kepala bisa menghasilkan sebum (minyak) berlebih yang lalu bereaksi dengan debu dan kotoran menimbulkan gatal dan ketombe Tanda: Serpihan ketombe kekuningan dan lebih besar Atasi dengan shampo yang bisa membersihkan sebum berlebih, dan hindari stress karena produksi sebum juga dipicu oleh hormon stress

  • Infeksi Jamur Malassezia globosa Malassezia globosa menghasilkan asam oleat yang menyebabkan iritasi dan mendorong timbulnya ketombe. Kamu harus hati-hati karena meskipun ketombe tidak menular, tapi mikroba ini mudah menular melalui handuk, sisir, atau topi. Tanda: Serpihan putih atau kuning. Atasi dengan shampo anti-ketombe dengan zat aktif yang dapat mengendalikan mikroba tersebut.

  • Pembilasan Tidak Bersih Penggunaan berbagai macam produk juga mengharuskan pembilasan yang sempurna, agar tidak ada sisa produk yang bercampur dengan debu dan kotoran, yang lalu mengakibatkan ketombe Tanda: Serpihan putih atau kuning yang cenderung besar Atasi dengan menggunakan shampo anti-ketombe terbaik dan bilas hingga tuntas.

Ada juga faktor lain yang dapat memperburuk masalah ketombe:

  • Panas
  • Keringat
  • Polusi
  • Umur
  • Hormon
  • Stress

solusi rambut ketombe

Solusi Masalah Ketombe

Menyisir dengan Baik

Rutin menyisir bisa mengurangi resiko ketombe dan membantu pengelupasan kulit kepala secara alami, serta membantu peredaran darah di kepala. Coba sisir rambut kamu sebelum keramas untuk membantu efektivitas shampo anti-ketombe kamu.

Gunakan Shampo yang Tepat

Berbagai shampo anti-ketombe memiliki berbagai zat aktif untuk mengatasi masalah ketombe:

  • Shampo berbasis Tar. Kandungan tar memperpanjang umur kulit kepala sebelum terkelupas dan menjadi ketombe.
  • Salicylic acid. Membantu mengatasi lapisan kulit kepala yang berminyak
  • Selenium sulfide. Mengandung zat anti jamur. Gunakan produk ini hanya sesuai petunjuk dan pastikan untuk selalu bilas hingga bersih.
  • Ketoconazole. Mengandung zat anti jamur di kulit kepala.

Untuk menemukan shampo anti-ketombe yang cocok untukmu, kamu perlu tahu tipe rambut dan kulit kepalamu.

Keramas Rutin

Kalau kulit kepala kamu berminyak, kamu harus keramas setiap hari, dengan shampo anti-ketombe yang efektif dan juga lembut. Untuk mengatasi ketombe, tidak ada yang namanya keramas yang terlalu sering. Semakin sering semakin baik.

Keramas Hingga Kulit Kepala

Shampo Anti-Ketombe bekerja dengan maksimal saat bersentuhan langsung dengan kulit kepala, tidak hanya dengan rambut. Coba pijat perlahan kulit kepala saat keramas dan setelah selesai, bilas dengan air hangat.

Extra Tips

  • Manajemen stres. Semakin kamu sering stress, hormon kamu akan tidak terkendali dan bisa memicu timbulnya ketombe
  • Makanan sehat. Makanan yang kaya zinc, vitamin B, dan lemak yang baik akan membantu mencegah ketombe
  • Batasi perawatan rambut. Sering menggunakan berbagai alat dan produk perawatan rambut bisa membuat kondisi kulit kepala tidak sehat, yang akhirnya bisa menyebabkan ketombe dari kulit kepala yang kering.

Mengapa Ketombe Tidak Kunjung Hilang?

Hingga saat ini memang belum ada obat yang bisa menyembuhkan ketombe, yang bisa kita lakukan adalah mengendalikannya. Ketombe bisa kembali lagi jika kita berhenti menggunakan shampo anti-ketombe. Shampo anti-ketombe memang bisa menghilangkan ketombe namun hal itu tidak permanen. Namun, penggunaan shampo anti-ketombe secara teratur akan sangat membantu mengendalikan ketombe dengan efektif. Jika dengan shampo anti-ketombe juga tidak membantu, segera konsultasi dengan dokter. Apa pun pilihan Head & Shoulder-mu, semua produk kami dapat dengan efektif merawat kulit kepala dan menghilangkan ketombe. Selain itu Head & Shoulders juga punya rangkaian shampo dan kondisioner untuk merawat semua kebutuhan rambutmu: anti-rambut rontok, untuk rambut tebal dan kuat, anti-kusut, dan shampo dengan sensasi kesegaran untuk kulit kepala gatal.