Skip to main content

Kulit Kepala Kering dan Cara Mengatasinya

BAGIKAN
merawat kulit kepala kering

Sering merasa gatal di kulit kepala? Mungkin hal itu disebabkan oleh kulit kepala Anda yang kering. Selain gatal, kulit kepala yang kering juga menyebabkan ketombe dan penipisan rambut. Untuk mengatasinya diperlukan shampo dan kondisioner yang bisa menjaga kelembapan rambut, pola makan yang baik, dan penggunaan produk khusus untuk perawatan kulit kepala.

Penyebab Kulit Kepala Kering

Saat kelembapan alami di kulit kepala hilang, lapisan pelindungnya dapat menghilang. Hal ini bisa membuat benda-benda asing masuk ke lapisan kulit kepala dan menyebabkan microinflammations atau peradangan mikro. Efeknya, kulit kepala jadi terkena iritasi, terasa gatal, memerah, dan sensasi tegang/kencang pada kulit kepala. Ada faktor internal dan faktor eksternal yang menyebabkan kulit kepala menjadi kering.

Faktor Internal

Penyakit kulit seperti dermatitis atopik (jenis dermatitis akibat peradangan kulit ditandai dengan gejala kulit memerah, kering, dan pecah-pecah, bisa berlangsung dalam jangka panjang) atau psoriasis (peradangan kulit dengan gejala ruam merah, kulit kering, tebal, bersisik, dan mudah terkelupas, juga sering disertai rasa gatal dan nyeri)

  • Penyakit kulit seperti dermatitis atopik (jenis dermatitis akibat peradangan kulit ditandai dengan gejala kulit memerah, kering, dan pecah-pecah, bisa berlangsung dalam jangka panjang) atau psoriasis (peradangan kulit dengan gejala ruam merah, kulit kering, tebal, bersisik, dan mudah terkelupas, juga sering disertai rasa gatal dan nyeri)
  • Usia – semakin tua, kulit Anda akan semakin kering
  • Stress, baik emosional maupun fisik
  • Faktor genetik
  • Pergantian hormon

Faktor Eksternal

  • Shampo atau produk perawatan rambut lainnya
  • Perbedaan temperatur pada cuaca atau iklim
  • Polusi lingkungan
  • Asupan makan yang tidak baik atau merokok
  • Pengaruh obat-obatan

Walaupun ada beberapa faktor yang tidak bisa kita kendalikan. Namun kita masih bisa menanggulangi dan meredakan kondisi kulit kepala kering. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba.

Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering

Pilih Shampo dan Kondisioner yang Tepat

Kulit kepala kering memang membutuhkan minyak rambut alami, namun hal itu tidak berarti Anda tidak mencuci rambut sama sekali. Karena kotoran dan sebum yang menumpuk malah akan memperparah rasa gatal dan kondisi kering kulit kepala Anda. Solusinya adalah memilih shampo dan kondisioner yang membersihkan dengan lembut dan melembapkan kulit kepala.

Anda bisa mencoba Suprême Smooth Shampo Anti-ketombe dari Head & Shoulders yang dilengkapi dengan argan creme dan ekstrak madu yang mampu mengunci kelembapan alami rambut, memperbaiki rambut kusam, melembutkan, dan membuatnya tampak berkilau. Ditambah lagi dengan pelembap 10x lebih tinggi dan formula anti-ketombe yang tahan lama

Saat keramas lakukan langkah-langkah ini untuk hasil maksimal:

  • Shampo dengan air hangat (bukan air panas). Air panas dapat membuat kulit kepala menjadi semakin kering.
  • Hindari pemakaian gel, mousse, hairspray, dan produk-produk lain yang mengandung alkohol dan bisa membuat kulit kepala kering.

Perawatan Kulit Kepala

Kulit kepala kering berarti tidak memproduksi cukup minyak rambut alami. Hal ini tentunya bisa membuat rambut kusam, kulit kepala terasa gatal, dan berketombe. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan melakukan perawatan kulit kepala di salon untuk menutrisi kembali kulit kepala yang kering. Alternatif lain adalah dengan melakukan perawatan rumahan dengan bahan-bahan alami seperti yoghurt, kuning telur, minyak kelapa, dan minyak zaitun. Perlu diingat bahwa bahan-bahan alami ini tidak teruji klinis untuk mengatasi kulit kepala kering, namun Anda boleh mencobanya.

Pijat Kulit Kepala

Pijat dengan lembut kulit kepala Anda saat memakai produk perawatan rambut (shampo, kondisioner, atau produk perawatan kulit kepala lainnya). Hal ini dapat membantu memaksimalkan khasiat produk perawatan tersebut untuk bekerja. Pijatan yang lembut bisa secara perlahan mengelupas kulit-kulit kepala kering sehingga produk perawatan rambut Anda bisa langsung bekerja pada kulit kepala. Hati-hati agar jangan sampai kulit kepala Anda tergores oleh kuku jari.

Satu tips yang bisa Anda coba adalah dengan memijat kulit kepala Anda dengan minyak kelapa sebelum tidur. Lalu pakai shower cap dan bilas dengan shampo keesokan harinya.

Konsumsi Vitamin dan Mineral

Kulit kepala kering mungkin disebabkan karena kurangnya asupan vitamin B6 dan B12. Perbanyak konsumsi buah, sayuran, kacang-kacangan, telur, seafood, ayam, dan dairy products. Jika perlu, konsultasi dengan dokter untuk menambahkan suplemen flaxseed oil, zinc, dan selenium.

Pola Makan yang Baik

Jaga pola makan dengan baik, karena apa yang kita makan akan berpengaruh juga untuk pertumbuhan dan regenerasi tubuh, termasuk kulit kepala. Mengonsumsi makanan yang salah dapat mempengaruhi rambut dan kulit kepala. Kurangi asupan gula, makanan pedas, garam, dan alkohol. Perbanyak mengonsumsi asam lemak omega-3 dan pastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Minum banyak air agar kulit dan rambut tetap lembap alami.

PRODUK LAINNYA DARI H&S